Monday, August 22, 2016

Jet Tempur AS dan Suriah Nyaris Bentrok di Suriah

Jet Tempur AS dan Suriah Nyaris Bentrok di Suriah
Jet-jet tempur Amerika Serikat dan Suriah baru-baru ini saling berpapasan dan nyaris bentrok di udara kota Hasakah, Timur Laut Suriah.

IRNA (21/8) melaporkan, pejabat militer Amerika di Pentagon, Ahad (21/8) mengumumkan, Jumat lalu dua unit jet tempur F-22 Amerika, berpapasan dengan dua jet tempur Sukhoi-24, AU Suriah ketika tengah melakukan penerbangan di udara kota Hasakah, Timur Laut Suriah dalam jarak hampir satu mil, dan jet-jet tempur Amerika meyakinkan pesawat Suriah untuk meninggalkan lokasi.

Pejabat tinggi Pentagon itu menambahkan, bertemunya jet tempur Amerika dan Suriah terjadi dua hari setelah dua jet tempur Suriah menyerang markas pasukan Kurdi dukungan Amerika dan memaksa pasukan elit Amerika mundur dari posisi mereka di Utara Suriah.

Menurut keterangan Pentagon, menyusul serangan hari Kamis lalu, patroli udara jet-jet tempur Amerika di wilayah itu ditingkatkan.

Pemerintah Washington mengatakan, dalam insiden itu, pilot kedua jet tempur Amerika berusaha melakukan kontak dengan pesawat Suriah, namun tidak mendapat jawaban.

Koalisi negara-negara Barat-Arab anti-Suriah terutama Amerika dan Arab Saudi sejak lima tahun lalu mengorganisir dan mengerahkan kelompok-kelompok teroris termasuk Daesh dan Front Al Nusra ke Suriah untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Bashar Al Assad.

Langkah Barat dan Arab itu mengakibatkan pendudukan sejumlah wilayah Suriah dan Irak oleh teroris, pembantaian warga tidak berdosa dan terlantarnya jutaan orang dan hancurnya infrastruktur kedua negara itu. - ParsToday

No comments:

Post a Comment